Di era digital, Anda tidak bisa sekadar menayangkan iklan dan berharap pelanggan datang sendirinya. Mereka sudah cerdas dan lelah dengan iklan yang tak relevan. Maka dari itu, strategi pemasaran yang lebih personal dan sesuai kebutuhan sangat penting. Behavioral targeting hadir sebagai solusi dengan cara mengamati dan memahami perilaku konsumen, sehingga setiap pesan yang Anda kirim terasa personal dan tepat sasaran.

Apa itu Behavioral Targeting?

Behavioral targeting adalah strategi pemasaran digital menggunakan data perilaku pengguna seperti riwayat penelusuran, interaksi web, klik iklan, hingga pembelian untuk menayangkan konten, iklan, dan penawaran yang relevan bagi mereka . Dengan metode ini, Anda tidak hanya ‘berteriak’ di internet, namun benar-benar berbicara pada orang yang tepat sesuai minat dan kebutuhan mereka.

Baca juga:  Pentingnya Pelaporan Keuangan Berkelanjutan bagi Perusahaan

Cara Kerja Behavioral Targeting

Berikut ini langkah-langkah kerja dari targeting perilaku konsumen dalam strategi pemasaran bisnis:

  1. Pengumpulan Data: Anda mengumpulkan data perilaku lewat cookie, pixel, alat analitik, CRM, dan data internal lainnya.
  2. Segmentasi Audiens: Berdasarkan pola perilaku, bagi audiens ke dalam kelompok, misalnya “pengunjung ulang”, “pemburu diskon”, atau “career-oriented millennial”.
  3. Penayangan Konten Tepat Sasaran: Sampaikan pesan dengan menggunakan iklan display, rekomendasi produk, hingga email marketing yang sesuai segmen tersebut.

Jenis Behavioral Targeting

Behavioral targeting biasanya dibagi menjadi dua jenis yaitu:

Baca juga:  Kapan Perusahaan Perlu Merekrut Seorang Akuntan?

Manfaat Behavioral Targeting

Berikut ini beberapa manfaat penting yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan behavioral targeting dalam pemasaran produk:

Tantangan & Etika

Baca juga:  3 Metode Analisis Akuntansi yang Penting Anda Ketahui

Tips Praktis Memulai

Kesimpulan

Behavioral targeting bukan sekadar tren—ini adalah cara cerdas untuk menghadirkan konten yang tepat, pada audiens yang tepat, di waktu yang tepat. Dengan memahami perilaku pelanggan Anda, bukan hanya anggaran yang lebih efisien, tetapi juga hubungan jangka panjang yang lebih solid bisa dibangun.

Minimalisir risiko privasi dan pastikan Anda mengutamakan transparansi. Dan tentu saja, jika Anda ingin mendalami strategi behavioral targeting atau mengoptimasi sistem pemasaran menggunakan data silakan menghubungi customer service kami. Tim ahli dari duduksantai.id siap mendukung Anda membangun strategi yang relevan, etis, dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *